Kebijakan Layanan
Kebijakan Layanan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Ide.id (PT Ide Digital Inovatif atau kami) dan Anda (pelanggan atau pendaftar). Perjanjian ini menetapkan syarat dan ketentuan atas layanan yang diselenggarakan oleh Ide.id. Dengan menggunakan layanan Ide.id, Anda setuju untuk terikat dengan perjanjian ini. Jika Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi perjanjian ini, Anda diharuskan untuk segera menutup akun Anda.
Ide.id berhak untuk mengubah, menambah dan atau mengurangi isi perjanjian ini kapan saja. Merupakan tanggung jawab Anda untuk memeriksa perjanjian ini secara berkala atas segala perubahan. Anda menyetujui bahwa dengan terus menggunakan layanan kami setelah amandemen dilakukan, merupakan penerimaan dan persetujuan pelanggan untuk terikat oleh Kebijakan Layanan yang baru.
Umum
Persyaratan Pelanggan
- Anda adalah individu yang telah cakap untuk mengadakan perjanjian yang mengikat termasuk pada Kebijakan Layanan ini dan untuk mengunakan layanan yang disediakan.
- Jika Anda menggunakan layanan atas nama dan atau mewakili pihak lain, Anda setuju bahwa Anda berwenang untuk mengikat pihak lain tersebut dengan perjanjian ini serta bertindak untuk dan atas nama pihak lain tersebut sehubungan dengan tindakan apa pun yang Anda ambil sehubungan dengan layanan.
Biaya dan Pajak
Anda setuju untuk membayar layanan Ide.id sesuai dengan jumlah dan ketentuan dalam Ketentuan Pembayaran.
Komitmen Layanan
Ide.id akan melakukan upaya yang wajar secara komersial untuk menyediakan layanan kepada Anda dengan sedikitnya 99.99% (sembilan puluh sembilan koma sembilan puluh sembilan persen) uptime per bulan diluar waktu pemeliharaan (maintenance). Pemeliharaan terjadwal akan diinformasikan selambat-lambatnya dalam 1×24 jam sebelum masa pemeliharaan berlangsung. Dalam keadaan yang membutuhkan pemeliharaan dan tindakan darurat, maka kami berhak untuk menginformasikan hal tersebut kurang dari 1×24 jam. Anda setuju untuk mengikuti petunjuk pada informasi pemeliharaan yang kami berikan.
Dalam situasi kami gagal dalam memenuhi uptime yang dijanjikan, Anda berhak untuk mendapatkan saldo kredit yang dihitung dari siklus tagihan layanan Anda. Anda harus mengajukan permohonan saldo kredit selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari dari terjadinya downtime. Kami akan melakukan analisa terhadap permohonan Anda dengan mempertimbangkan log system dan Perhitungan Downtime untuk menentukan kompensasi yang dapat diberikan kepada Anda. Tingkat downtime diperhitungkan hanya oleh sistem monitoring kami.
Pemberian saldo kredit hanya diberikan kepada layanan yang terkena downtime dan tidak dapat diuangkan. Komitmen layanan ini tidak berlaku apabila Anda telah melanggar perjanjian ini atau jika Anda tidak melakukan pembayaran penuh terhadap tagihan jatuh tempo.
Downtime yang dimaksud dalam Komitmen Layanan ini tidak berlaku untuk:
- Downtime karena aktivitas pemeliharaan yang telah dijadwalkan dan diinformasikan ke pelanggan.
- Downtime sebagai akibat tindakan dari pelanggan maupun pihak ketiga lainnya yang disebabkan oleh ketidaktahuan pelanggan dalam menggunakan layanan.
- Downtime sebagai akibat dari pelanggan tidak melakukan tindakan yang telah kami sarankan.
- Downtime berselang yang terjadi dalam waktu singkat.
- Downtime pada Dashboard yang tidak berdampak pada layanan.
- Force Majeure yang bersifat diluar kontrol pihak Ide.id. Force Majeure tersebut bisa berupa namun tidak terbatas pada kebakaran, banjir, gempa bumi, perang, terorisme, kegiatan kriminal, huru-hara, ledakan, sabotase, embargo, bencana alam, pemogokan, kebijakan pemerintah, perubahan hukum, atau kebijakan investasi di Indonesia.
- Downtime sebagai akibat dari peralatan, perangkat lunak, atau teknologi lainnya milik pelanggan ataupun pihak ketiga diluar peralatan yang ada dalam kontrol langsung Ide.id.
- Pelanggan dalam masa free trial dan atau aktivitas uji coba, barter ataupun sponsorship dengan PT Ide Digital Inovatif.
- Pelanggan yang akun atau layanannya sedang mengalami penangguhan saat terjadinya downtime.
- Kegagalan dalam pembuatan atau pembelian layanan baru.
- Kendala lainnya yang bukan disebabkan oleh kami.
Perhitungan Downtime
Apabila layanan Anda tidak dapat dijangkau setiap 1 (satu) jam diluar yang dijanjikan 0.1% (nol koma satu persen), Anda akan menerima saldo kredit setara 1 (satu) jam yang dihitung dari siklus tagihan layanan Anda. Kami menggunakan perhitungan 672 (enam ratus tujuh puluh dua) jam atau 28 (dua puluh delapan) hari per bulan. Dalam situasi downtime mencapai 24 (dua puluh empat) jam atau lebih diluar yang dijanjikan 0.1% (nol koma satu persen), Anda akan menerima saldo kredit 5% (lima persen) yang dihitung dari siklus tagihan layanan Anda.
Penangguhan Layanan
Anda memahami dan menyetujui Ide.id memiliki hak, dengan atau tanpa pemberitahuan, melakukan penangguhan sementara pada layanan Anda pada situasi-situasi berikut:
- Apabila dalam jangka waktu 1 (satu) hari setelah tanggal jatuh tempo kami belum menerima pembayaran penuh terhadap tagihan layanan tersebut.
- Apabila terjadi kejadian pertama pada salah satu hal sebagaimana dimaksud pada Ketentuan Penggunaan.
Penghentian Layanan
- Penghentian layanan ketika pelanggan melanggar perjanjian ini dan bentuk pelanggaran tersebut tidak dapat diperbaiki.
- Penghentian layanan ketika pelanggan melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud pada Ketentuan Penggunaan, dan bentuk pelanggaran tersebut dapat diperbaiki, namun tidak diperbaiki pelanggan dalam waktu 14 (empat belas) hari setelah pemberitahuan dari kami.
- Penghentian layanan apabila dalam jangka waktu 10 (sepuluh) hari sejak tanggal jatuh tempo kami belum menerima pembayaran penuh atas tagihan layanan.
- Penghentian layanan pada saat free trial berakhir.
- Penghentian layanan apabila pelanggan melakukan chargeback pada setiap transaksi yang sudah berlalu atau pada masa sekarang.
Pembatalan Layanan
Permintaan pembatalan harus disampaikan melalui Dashboard. Untuk melakukannya, klik Ajukan Pembatalan di samping layanan yang ingin Anda batalkan. Selanjutnya Anda harus melengkapi dan mengirimkan formulir. Memilih pembatalan dengan segera berarti layanan Anda akan dihentikan dalam waktu maksimum 24 (dua puluh empat) jam setelah melengkapi dan mengirimkan formulir pembatalan. Pembatalan harus disampaikan sebelum invoice untuk periode tagihan tersebut jatuh tempo. Gagalnya melakukan pembatalan menyebabkan invoice tetap jatuh tempo. Permintaan pembatalan hanya bisa dilakukan jika akun tidak memiliki invoice jatuh tempo.
Bandwidth
Ide.id menerapkan unlimited bandwidth (data transfer) pada semua paket, namun kami tetap terus memonitor trafik setiap Cloud VPS. Apabila kami menemukan kejanggalan atau pemakaian yang terlalu tinggi sehingga mengganggu jaringan dan pengguna lainnya, kami akan menerapkan limitasi bandwidth terhadap Cloud VPS tersebut.
Anda setuju untuk tidak menggunakan bandwidth secara berlebihan sehingga menyebabkan beban jaringan yang tinggi dan mengganggu layanan terhadap pengguna lainnya.
Registrasi Domain
- Registrasi nama domain adalah untuk jangka waktu tertentu, yang akan diberitahukan tanggal berakhirnya kepada pendaftar.
- Kami tidak memiliki representasi bahwa nama domain yang ingin Anda daftarkan dapat didaftarkan oleh Anda atau untuk Anda atau yang didaftarkan atas nama Anda. Anda seharusnya tidak mengasumsikan bahwa nama domain yang Anda minta telah terdaftar sampai Anda diberitahukan kemudian.
- Pendaftaran dan penggunaan nama domain Anda tunduk pada Syarat dan Ketentuan penggunaan yang diterapkan oleh otoritas penamaan yang berwenang. Anda tidak berhak mengajukan klaim kepada kami berkaitan dengan penolakan pendaftaran nama domain. Segala biaya administrasi yang Anda bayarkan untuk mendaftarkan nama domain yang Anda inginkan tidak dapat dikembalikan meskipun penolakan dilakukan oleh otoritas penamaan.
- Kami tidak bertanggung jawab atas penggunaan setiap nama domain oleh Anda. Setiap perselisihan antara Anda dan pihak lain harus diselesaikan di antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam masalah tersebut. Jika timbul permasalahan seperti itu, kami berhak, atas pertimbangan dan tanpa memberikan alasan apa pun, untuk menahan, menangguhkan, atau membatalkan nama domain. Kami juga berhak untuk membuat representasi kepada otoritas penamaan yang berwenang, tapi tidak akan diharuskan untuk ambil bagian dalam sengketa tersebut.
- Kami tidak akan melepas suatu domain ke provider lain kecuali pembayaran penuh untuk domain tersebut tidak kami terima. Seluruh biaya yang dapat Anda bayar untuk layanan harus sesuai dengan skala biaya dan harga yang dipublikasikan dari waktu ke waktu pada situs kami, dan akan jatuh tempo dan dibayar dimuka penyediaan layanan kami.
- Perjanjian ini akan tetap berlaku selama jangka waktu pendaftaran nama domain yang dipilih, dicatat, dan dibayar pada saat pendaftaran atau perpanjangan. Jika nama domain ditransfer ke registrar lain, Kebijakan Layanan ini akan berhenti.
- Informasi alamat kontak, alamat email, dan nomor telepon pendaftar yang tersedia untuk publik akan mencantumkan alamat kontak, alamat email, dan nomor telepon dari registrar sebagai pendaftar.
- Pendaftar akan mempertahankan kontrol penuh atas nama domain dan catatan pendaftarannya dan dapat menangguhkan dan mengembalikan layanan ID Protection atas kebijakannya sendiri.
- Sehubungan dengan nama domain yang telah ditransfer ke Ide.id, layanan ID Protection hanya akan berlaku setelah transfer selesai. Jika pendaftar memilih untuk mentransfer nama domain ke registrar yang berbeda, layanan ID Protection harus dinonaktifkan untuk memulai transfer.
- Kami berhak, atas kebijakannya sendiri dan tanpa kewajiban kepada pendaftar, untuk menangguhkan atau membatalkan layanan ID Protection dan untuk mengungkapkan informasi pendaftar dan kontak whois dalam keadaan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal berikut:
- Untuk mematuhi proses hukum maupun untuk menentukan lebih lanjut dugaan pelanggaran hukum.
- Untuk menyelesaikan setiap dan semua klaim pihak ketiga termasuk namun tidak terbatas pada kebijakan resolusi perselisihan ICANN atau Registry.
- Pendaftar atau salah satu kontak pendaftar menggunakan layanan ID Protection untuk menyembunyikan keterlibatan kegiatan dan atau aktivitas sebagaimana dimaksud pada Ketentuan Penggunaan.
Afiliasi
Afiliasi tidak diperkenankan menyamarkan, menyembunyikan, atau mengubah kode promo. Kode promo tersebut harus digunakan sebagaimana ditampilkan pada Dashboard. Anda tidak diperkenankan melakukan spam atau beriklan di area atau bagian situs web yang melanggar hukum Republik Indonesia (situs porno, judi, dan lain-lain). Pelanggaran terhadap ketentuan ini akan mengakibatkan komisi afiliasi yang sudah terkumpul akan hangus dan akun afiliasi ditutup secara sepihak.
Pencairan komisi afiliasi dapat dilakukan apabila saldo afiliasi pada akun Anda sudah mencapai syarat minimum penarikan. Saldo akan kami transfer ke rekening bank yang sudah Anda daftarkan dan validitas rekening tersebut sudah terverifikasi. Transfer dilakukan hanya melalui rekening BCA (Bank Central Asia). Apabila tujuan transaksi pencairan komisi afiliasi menggunakan rekening selain BCA, dana akan dikurangi biaya transfer antar bank. Proses pencairan dana dilakukan pada tanggal 5 setiap bulan. Apabila tanggal tersebut jatuh pada hari Sabtu, Minggu, atau hari libur nasional, maka pencairan komisi afiliasi akan dilakukan pada hari kerja berikutnya setelah tanggal tersebut.
Kerahasiaan
Ide.id tidak akan memberikan nama, alamat, nomor telepon, alamat email, atau informasi pribadi lain dari pelanggan ke pihak ketiga manapun tanpa izin terlebih dahulu dari pelanggan yang bersangkutan, atau sebagaimana diperlukan dalam pengadilan yang sesuai atau instruksi administratif, termasuk panggilan sidang resmi.
Keterbatasan Tanggung Jawab
- Penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan layanan Ide.id.
- Segala perubahan yang dibuat terhadap layanan atau penghentian sementara atau permanen atas layanan atau setiap bagiannya.
- Akses tidak sah atau perubahan dari transmisi atau data pelanggan.
- Penghapusan atas, kerusakan dari, atau kegagalan untuk menyimpan dan atau mengirimkan atau menerima transmisi atau data pelanggan pada atau melalui layanan.
- Pernyataan atau tindakan dari pihak ketiga pada layanan.
- Adanya pelanggaran sebagaimana dimaksud pada Ketentuan Penggunaan.
- Masalah lain yang terkait dengan layanan.
Sangkalan
Hukum
Perjanjian ini diatur oleh dan ditafsirkan dengan hukum Indonesia. Jika terjadi perselisihan, kontroversi, atau klaim yang timbul atau terkait dengan perjanjian, pihak yang mengklaim bahwa suatu perselisihan telah timbul harus segera memberitahukan pihak lain dengan memberikan rincian perselisihan tersebut.
Selama 30 (tiga puluh) hari setelah pemberitahuan tersebut diberikan, masing-masing pihak harus menyelesaikan perselisihan tersebut dengan sebaik-baiknya. Jika para pihak tidak dapat menyelesaikan perselisihan dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari, masing-masing pihak akan segera merujuk perselisihan tersebut ke petugas yang berwenang (atau perwakilan) untuk mendapatkan keputusan. Jika petugas yang berwenang (atau perwakilan) dari kedua pihak tidak dapat menyelesaikan perselisihan tersebut dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal perselisihan tersebut dirujuk, masing-masing pihak setuju bahwa perselisihan tersebut akan dirujuk dan akhirnya diselesaikan oleh BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia).
Penggunaan
- Penggunaan konten:
- Suku, Agama, Ras, Antar Golongan Menggunakan layanan yang melibatkan penghinaan dan pelecehan yang didasarkan pada sentimen identitas yang menyangkut keturunan, agama, kebangsaan atau kesukuan, dan golongan.
- Pornografi Menggunakan layanan untuk mengiklankan, mengirimkan, menyimpan, dan atau menyebarluaskan pornografi dalam bentuk tulisan, gambar, foto, video, dan sejenisnya.
- Perjudian Menggunakan layanan untuk mengiklankan, membuat, dan atau menyebarluaskan situs perjudian.
- Pelanggaran hak kekayaan intelektual Menggunakan layanan dengan konten yang melanggar atau menyalahgunakan hak kekayaan intelektual atau hak milik orang lain. Menggunakan layanan untuk menyimpan, menerbitkan, mengirimkan, mendistribusikan, dan atau menyebarluaskan hak kekayaan intelektual atau hak milik orang lain.
- Pengoperasian layanan jaringan Menjalankan layanan jaringan seperti tunneling, vpn, proxy, open mail relay, atau open recursive domain nameserver
- Penggunaan layanan untuk aplikasi cheat, melakukan mining cryptocurrency, dan sejenisnya.
- Spam Menggunakan layanan untuk mendistribusikan, menerbitkan, mengirimkan, dan atau memfasilitasi pengiriman pesan elektronik massal yang tidak diinginkan, berupa praktik promosi, iklan, atau permintaan lainnya (seperti spam). Anda setuju untuk membayar biaya pembersihan Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) setiap jam jika ada alamat IP kami masuk ke dalam blacklist disebabkan oleh kegiatan spam dari layanan Anda.
- Konten berbahaya Menggunakan layanan untuk membuat dan atau mendistribusikan konten berbahaya seperti virus, trojan, worms, time bombs, cancel bots, atau sejenisnya yang dapat merusak, mengganggu, mencegat, dan atau mengambil alih sistem.
- Konten tidak sopan Menggunakan layanan dengan konten yang sifatnya menghina, memfitnah, kasar, cabul, atau konten yang tidak pantas lainnya.
- Konten lainnya Membuat situs MLM (Multi Level Marketing), network marketing, HYIP (High Yield Investment Program), skema ponzi/pyramid, money game, scam, fraud, atau sejenisnya.
- Penggunaan sumber daya:
- Secara terus menerus selama lebih dari 60 (enam puluh) menit utilisasi CPU lebih dari 90% (sembilan puluh persen).
- Secara terus menerus selama lebih dari 30 (tiga puluh) menit utilisasi bandwidth lebih dari 70% (tujuh puluh persen).
- Secara terus menerus selama lebih dari 30 (tiga puluh) menit utilisasi disk read dan atau write lebih dari 50000 IOPS dan atau 100 Mbps.
- Pelanggaran keamanan:
- Mengubah layanan Memodifikasi layanan tanpa izin, termasuk memasang dan atau menggunakan operating system yang bukan secara sah tersedia dan tidak sesuai peruntukan layanan.
- Akses tidak sah Mengakses atau menggunakan sistem tanpa izin, termasuk mencoba untuk memperoleh akses, memindai, dan atau menguji kerentanan sistem atau untuk melanggar tindakan pengamanan atau otentikasi yang digunakan oleh sistem.
- Intersepsi Melakukan pemantauan data atau traffic pada suatu sistem tanpa izin.
- Pemalsuan Memalsukan header paket TCP IP, header surat elektronik, atau bagian dari pesan yang menjelaskan asal atau rutenya.
- Monitoring atau crawling Melakukan pemantauan atau crawling yang mengganggu sistem lain.
- Denial of Service (DoS) Membanjiri sistem lain dengan permintaan komunikasi yang menyebabkan sistem lain tidak bisa merespon komunikasi sah atau merespon dengan sangat lambat.
- Interferensi Mengganggu fungsi sistem lain, termasuk upaya yang disengaja untuk membebani sistem dengan bom surat elektronik, pemboman berita, serangan siaran, atau teknik flooding.
- Pelanggaran keamanan lainnya Melakukan tindakan termasuk namun tidak terbatas pada spoofing, trolling, search engine cloacking, sniffing, dan exploit system.
Pemantauan dan Penegakan Hukum
- Menonaktifkan akses, menangguhkan, dan atau membatasi sumber daya yang melanggar ketentuan ini atau perjanjian lain yang kami miliki dengan pelanggan untuk penggunaan layanan Ide.id.
- Melaporkan aktivitas apa pun yang diduga telah melanggar undang-undang atau peraturan apa pun kepada petugas penegak hukum, regulator, atau pihak ketiga lainnya yang sesuai. Pelaporan kami mungkin mencakup pengungkapan informasi pelanggan. Kami juga dapat bekerja sama dengan badan penegak hukum, regulator, atau pihak ketiga lainnya untuk membantu penyelidikan dan penuntutan tindakan ilegal dengan menyediakan informasi jaringan dan sistem informasi yang terkait dengan dugaan pelanggaran ketentuan ini.
Pelaporan Pelanggaran
Jika Anda mengetahui adanya pelanggaran terhadap ketentuan ini, mohon memberi tahu kami dan memberi kami panduan, untuk memperbaiki atau menghentikan pelanggaran tersebut. Pelaporan dapat dilakukan dengan menghubungi tim support kami.
Pembayaran
Tagihan
- Semua lembar penagihan akan dikirim melalui email. Kami tidak melakukan pengiriman lembar penagihan atau pemberitahuan melalui surat atau fax.
- Tanggal jatuh tempo pembayaran berdasarkan tanggal aktivasi layanan Anda.
- Semua tagihan tidak dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) dan tidak diberikan faktur pajak oleh karena saat ini PT Ide Digital Inovatif belum merupakan Pengusaha Kena Pajak (Non PKP).
- Anda dengan jelas mengetahui dan menyetujui bahwa PT Ide Digital Inovatif akan memungut PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sejumlah 11% (sebelas persen) pada semua tagihan ketika PT Ide Digital Inovatif sudah dikukuhkan sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak).
Pemesanan dan Perpanjangan
- Pemesanan dan perpanjangan layanan hanya akan diproses setelah kami menerima pembayaran dan konfirmasi pembayaran pada metode pembayaran transfer. Setelah pembayaran penuh dari Anda sudah kami terima dan kami konfirmasi, Anda akan menerima tanda terima pembayaran beserta invoice secara otomatis dari sistem kami.
- Anda wajib membayar penuh sesuai dengan nominal yang tertera pada tagihan tanpa sanggahan, tanpa pengurangan, atau pemotongan apa pun.
- Pembayaran perpanjangan layanan yang dilakukan pada masa tenggang atau masa penangguhan tidak menambah masa periode layanan.
Denda
Pada domain yang terlambat diperpanjang lebih dari 30 (tiga puluh) hari dari masa perpanjangan (Renewal Period) secara otomatis akan memasuki masa penangguhan (Redemption Period). Perpanjangan pada masa ini akan dikenakan denda Domain Restore sesuai biaya yang berlaku pada Registrar yang kami gunakan. Domain akan berfungsi kembali dalam kurun waktu maksimal 7 (tujuh) hari karena adanya proses restore dan propagasi ulang DNS pada domain bersangkutan.
Saldo Kredit
Semua dana yang dikirim ke Ide.id yang melebihi jumlah tagihan akan diganti dalam bentuk saldo kredit. Saldo kredit pada akun Anda tidak dapat dikembalikan dan dapat digunakan untuk pembelian, perpanjangan, dan upgrade layanan.
Anda berhak mengajukan permintaan pengembalian saldo kredit ke rekening apabila:
- Saldo kredit diperoleh dari proses gagal aktivasi layanan atau gagal transfer layanan.
- Saldo kredit diperoleh dari pencairan komisi afiliasi.
Voucher Promo
- Voucher promo hanya berlaku untuk pembelian layanan yang telah ditentukan untuk voucher promo tersebut.
- Jika nilai pemesanan untuk layanan tertentu lebih rendah daripada nilai voucher promo, jumlah sisa nilai voucher promo tidak dapat digunakan kembali.
- Voucher promo tidak dapat digunakan untuk memesan layanan dengan akun sendiri.
- Hanya satu voucher promo yang dapat digunakan untuk setiap kali transaksi.
Pengembalian Dana
- Pelanggaran Kebijakan Layanan.
- Domain Internasional dan Domain Indonesia:
- Pendaftaran (registrasi)
- Perpanjangan
- Transfer in dan transfer out
- Masuk dalam daftar TrustPositif+ Kominfo
- Layanan Cloud Hosting dengan proses perpanjang, upgrade, dan downgrade.
- Layanan Cloud VPS.
- Layanan Sertifikat SSL termasuk jasa instalasi dalam kondisi apapun.
- Layanan Addon seperti Privacy Protection, DNS Management, dan lainnya dalam kondisi apapun.
- Kesalahan penulisan nomor Proforma Invoice saat melakukan pembayaran maupun konfirmasi pembayaran.
- Kesalahan penulisan nominal pembayaran saat melakukan pembayaran maupun konfirmasi pembayaran.
- Kelebihan pembayaran yang otomatis dikreditkan ke saldo akun Ide.id Anda.
- Kami melakukan proses pengembalian dana setiap hari Rabu.
- Saldo akun Ide.id tidak dapat dicairkan tetapi dapat digunakan untuk pembelian dan perpanjangan layanan.
- Apabila pengajuan refund pada layanan Cloud Hosting mendapatkan gratis domain dan atau gratis sertifikat SSL maka pengembalian dana akan dipotong dengan biaya pendaftaran domain dan atau sertifikat SSL sesuai harga jual normal (bukan harga promo).